Tuesday 24 September 2013

Peninggalan Kerajaan Siguntur (abad 17)




1. Rumah Gadang Siguntur. Istana ini dibanguna sekitar abad ke-17, selama Islam berkembang di daerah Siguntur. Rumah Gadang Siguntur ini memiliki 5 gonjong dan satu rangkiang di bagian depan Istana. Atap rumah gadang ini terbuat dari seng, namun menurut Aciak Sarinah ( keturunan ke-9 raja Siguntur) sebelum dipugar rumah gadang ini beratap ijuk. Di bagian depan rumah gadang terdapat tinggalan praIslam yaitu satu menhir " mejan" dan bagian kaki dari arca. Pada awalnya Rumah Gadang Siguntur ini memiliki ukiran, namun setelah dilakukannya pemugaran oleh BPCB Batusangkar ukirannya menjadi hilang (wawancara dengan Aciak Sarinah, Ahli waris dan keturunan ke-9 raja Siguntur)




Foto: Rumah Gadang Siguntur
Sumber: Koleks pribadi: 2013


2. Makam raja Siguntur. situs ini merupakan lokasi pemakaman yang diperuntukan untuk para keturunan dan ahli waris raja-raja Siguntur. Lokasi pemakaman ini berada di samping Mesjid Tua Siguntur. Situs makam ini tampak tidak diurus, rerumputuan dan ilalang tumbuh liar dan menutupi makam. Dari sekian banyak makam yang ada di situs ini, hanya 6 buah makam yang teridentifikasi sebagai makam raja.

Foto: Makam Raja Siguntur
Sumber: Koleksi pribadi: 2013

 3. Mesjid Tua Siguntur. Mesjid Tua Siguntur adalah mesjid yang sudah berumur lebih dari 100 tahun. Mesjid ini berada di sebelah makam raja Siguntur. Atap dari mesjid ini terbuat dari seng dengan bentuk atap tumpang 3. Di bagian dalam mesjid terlihat mesjid 12 tiang yang terbuat dari kayu. Bagian mihrab mesjid berbentuk setengah lingkaran dengan tembok tebal dan ornamen bunga.Pada awalnya lantai mesjid ini terbuat dari kayu, namun karena mudah lapuk diganti dengan lantai tembok.
Foto: Mesjid Tua Siguntur
Sumber: Koleksi Pribadi: 2013

Foto: Mihrab Mesjid Tua Siguntur
Sumber: Koleksi Pribadi: 2013

Foto: Tiang penyangga mesjid
Sumber: Koleksi pribadi: 2013

No comments: